Gejala Kecanduan Game Online Harus Dikenali

Gejala Kecanduan Game Online

Ketika Anda menyadari bahwa Anda kecanduan game online, tetapi belum mampu menghentikannya sampai sekarang, Anda dapat melakukan hal-hal berikut.

1. Hitung berapa lama Anda menghabiskan waktu di depan layar untuk bermain game online
Untuk membuat Anda menyadari, Anda bisa mencoba sendiri menghitung waktu atau durasi yang Anda gunakan saat bermain game online. Jika Anda perlu meminta bantuan dari orang-orang terdekat Anda untuk membantu Anda menghitung itu.
Atau Anda juga dapat mengambil catatan mereka sendiri sehingga Anda tahu persis berapa banyak waktu yang Anda habiskan hanya untuk game online. Bahkan jika Anda dapat membuat catatan hingga satu minggu dan kemudian melihat total penggunaan waktu yang Anda habiskan. Bandingkan dengan kegiatan sehari-hari Anda, Anda mungkin harus menggunakan waktu yang penting Anda untuk bermain game online saja.

2. Mengurangi perlahan, tidak sekaligus berhenti
Setelah tahu bahwa Anda menghabiskan 20 jam dalam satu minggu – yang berarti Anda akan menghabiskan sehari penuh – untuk bermain game online, maka saatnya untuk menurunkan perlahan-lahan.
Sulit memang jika Anda harus berhenti atau tidak melihat layar permainan sama sekali, karena mereka berusaha untuk mengurangi durasi. Sebagai contoh, dari 20 jam, Anda menargetkan hanya 18 jam. Cobalah untuk membuat target mengurangi waktu bermain hingga 10% setiap minggu, sehingga pada akhir bulan berikutnya Anda hanya menghabiskan waktu sekitar 5 jam.

3. Dapatkan memegang tekad Anda untuk berhenti
Hal yang paling penting dalam mengatasi kecanduan apapun niat – ini juga berlaku dalam kasus Anda. Kuncinya di sini adalah bagaimana Anda dapat membuat prioritas dalam hidup Anda. Ketika Anda menyadari bahwa hal-hal yang masih lebih penting daripada bermain game, maka Anda akan lebih mudah untuk membiasakan untuk tidak kecanduan game online.

4. Merasa bebas untuk menyesuaikan pengaturan otomatis
Jika Anda bangun jam tidak bekerja untuk membuat Anda berhenti bermain, maka Anda dapat menggunakan fitur di gadget Anda untuk mematikan secara otomatis. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksa Anda untuk berhenti melakukannya. Bila Anda mampu mengendalikan diri dan dapat memberhentikan diri sendiri, maka Anda dapat menggunakan metode asli, hanya dengan jam pengingat.

5. Setiap kali Anda dapat menghindari game online, memberikan ‘hadiah untuk diri sendiri
Jika Anda dapat mengendalikan diri untuk berhenti di waktu yang ditentukan maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan apresiasi diri. Misalnya, dengan melakukan hal-hal lain yang Anda suka atau makan makanan yang Anda gemari – tentu saja tidak kembali bermain game lagi ya. Anda juga bisa memberi Anda waktu untuk pasangan, keluarga dan teman-teman yang mungkin telah meninggalkan sejauh ini karena game online.