Positif dan Negatif Bermain HP Untuk Anak

Dalam teknologi modern dan canggih saat ini, kita sering melihat anak-anak pada anak usia sekolah ramaja seperti misalnya TK SD meskipun banyak yang sudah menggunakan gadget misalnya HP, Tablet.

Sampai ada beberapa orang tua yang bangga ditampilkan dan “memproklamirkan” bahwa anaknya telah menggunakan dan membawa generasi terbaru dari HP android mondar-mandir. Sebenarnya berapa banyak manfaat HP terhadap anak usia seperti ini? Apakah ada studi tentang ini? Dan Allah tahu yang terbaik, saya tidak tahu.

Positif dan Negatif Bermain HP Untuk Anak

Tapi setidaknya beberapa catatan berikut bisa menjadi referensi bagi kita untuk menjawab apakah HP memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak kita atau bahkan sebaliknya. Berikut dampak positif dan negatif yang saya diekstraksi dari berbagai sumber:

Dampak positif

1.Mempermudah komunikasi. Misalnya, ketika orang tua atau keluarga akan menjemput anak-anak saat kegiatan sekolah / penyelesaian di luar rumah.

2.Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Karena bagaimanapun teknologi ini hari ini telah diperpanjang untuk kepelososk-desa terpencil.

3.Memperluas jaringan pertemanan.

Dampak negatif

1.Mengganggu Perkembangan Anak. Dengan fitur-fitur canggih yang tersedia di ponsel (HP) seperti: kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih buruk lagi menggunakan kecurangan HP (kecurangan) dalam ulangan / tes. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Jika diperbolehkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

2.Efek radiasi. Selain kontroversi seputar berbagai dampak negatif dari penggunaannya,. menggunakan HP juga buruk bagi kesehatan, membantu siswa untuk lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi mahasiswa anak-anak. Jika tidak benar-benar diperlukan, kami merekomendasikan bahwa anak-anak tidak selalu diberi kesempatan untuk menggunakan HP secara permanen.

3.Rawan melawan kejahatan. Ingat, siswa salah satu target utama para penjahat. Selain itu, HP adalah perangkat yang mudah untuk menjual, sehingga anak-anak yang membawa HP “high end” mungkin mengintai pencuri yang mengincar HP.

4.Sangat potensi untuk mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar porno.

5.Pemborosan. Dengan HP memiliki, maka kita akan meningkatkan pengeluaran, terutama jika HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna maka hanya akan menjadi sampah saja.

6.Menciptakan lingkungan sosial yang tidak sehat. Ada keluarga yang tidak mampu, tetapi karena asosiasi di mana teman-temannya telah membeli HP sehingga mereka merengek kepada orang tua mereka ketika orang tua tidak mampu, atau bahkan menghasilkan kesenjangan antara geng dan geng HP HP keren sekolah tua atau yang belum memiliki.

7.Membentuk Sifat hedonisme pada anak-anak. Ketika keluar gadget terbaru yang lebih canggih, mereka merengek untuk meminta orang tua, ketika mereka benar-benar tidak mengerti manfaat sebenarnya dari setiap fitur baru secara menyeluruh.

8.Anak kita akan sulit untuk mengontrol, terutama ketika masa pubertas, ketika muncul rasa ketertarikan dengan teman laki-laki / pacar, HP menjadi sarana ampuh bagi mereka untuk berkomunikasi, tetapi komunikasi yang tidak baik, maka akan mengganggu kegiatan yang seharusnya mereka lakukan, berdoa, makan, belajar dan bahkan tidur !! Karena mereka menyenangkan sms-sms dengan teman-teman dari lawan jenis.